Tugas Kepala Sekolah Yang Harus di Kuasai

Mengacu pada pasal 12 ayat 1 PP 28 tahun 1990 dalam kepala sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana (Mulyasa, 2007).

Berikut tugas-tugas kepala sekolah yang harus dipahami agar mampu membawa sekolah lebih baik dan maju, serta mampu mengawal jalannya pendidikan di sekolah yang diampunya.

1. Sebagai Edukator

Kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya. Menciptakan iklim kondusif di sekolah, memberikan nasihat kepada warga sekolah, memberikan dorongan kepada segenap tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik.

2. Sebagai Manajer

Kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama. Kemudian memberi kesempatan kepada para tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya, dan mendorong kelibatan seluruh tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan yang menunjang program sekolah.

3. Sebagai Administrator

Kepala sekolah sebagai administrator memiliki hubungan sangat erat dengan berbagai aktivitas pengelolaan administrasi yang bersifat pencatatan, penyusunan dan pendokumenan. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan mengelola kurikulum, administrasi peserta didik, administrasi personalia, administrasi sarana dan prasarana, administrasi kearsipan, dan administrasi keuangan.

4. Sebagai Supervisor

Supervisi yang dimaksud adalah melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidikan. Hal itu diwujudkan dalam menyusun dan melaksanakan program supervisi pendidikan, serta memanfaatkan hasilnya.

5. Sebagai Pemimpin (Leader)

Tugas kepala sekolah sebagai leader harus mampu memberikan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan tugas. Kepala sekolah sebagai leader dapat dianalisis dari kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan komunikasi.

6. Sebagai Inovator

Sebagai innovator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang baik untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan. Serta memberikan teladan kepada tenaga kependidikan sekolah, dan mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif.

7. Sebagai Motivator

Kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya. Motivasi ini dapat ditumbuhkan melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, pengahargaan secara efektif, dan penyediaan berbagai sumber belajar.

8. Sebagai Figur

Kepala sekolah sebagai figur sangat berkaitan dengan sosok teladan sebagi pemimpin yang ada di sekolah. Dengan figur yang baik, kepala sekolah akan memiliki kewibawaan dalam memimpin sekolah.

9. Sebagai Mediator

Yang dimaksud tugas kepala sekolah sebagai mediator dalam hal ini adalah memediasi setiap kebijakan atau permasalahan yang terjadi di sekolah. Baik permasalahan antara kepala sekolah dengan guru, antarguru, antara guru dengan siswa, antara orang tua/wali siswa dengan guru atau sekolah. Serta permasalahan lain yang bekaitan dengan sekolah.

Demikian tugas kepala sekolah yang perlu dipahami. Kesuksesan dalam setiap pelaksanaan tugas dan fungsi kepala sekolah akan sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah itu.(*)